PROGRAM
> Merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programer
dari suatu software atau suatu bagian executable.
PEMROGRAMAN
> Suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, yang dimana
instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Yang
dikenal dengan Bahasa Pemrograman.
~Tahap Pemrograman.
~Keterangan Gambar.
2. DATA
DATA
> Suatu bahan mentah yang harus diolah menjadi sebuah informasi, sehingga
dapat dipergunakan oleh pemakai atau programmer.
3. PRINSIP BAHASA PEMROGRAMAN
3. PRINSIP BAHASA PEMROGRAMAN
kriteria untuk penilaian suatu bahasa pemrograman, yaitu :
a. Clarity, Simplicity dan Unity
b. Orthogonality
c. Kewajaran untuk Aplikasi
d. Mendukung Abstraksi
e. Kemudahan untuk Verifikasi Program
f. Lingkungan Pemrograman
g. Portabilitas Program
h. Biaya Penggunaan
beberapa biaya yang dapat diukur, yaitu :
- biaya eksekusi program
- biaya translasi / kompilasi program
- biaya penciptaan, testing dan penggunaan program
- biaya pemeliharaan program
4. MODEL KOMPUTASI
Ada tiga model dasar komputasional : fungsional, logika, dan imperatif. Sebagai tambahan terhadap satuan nilai-nilai dan operasi yang berhubungan, masing-masing model komputasional mempunyai satu set operasi yang digunakan untuk menggambarkan komputasi.
a. Model Fungsional : terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi lain sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi sebagai hasil (higher-order function).
b. Model Logika : terdiri dari satu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.
c. Model Imperatif : terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan. Pernyataan adalah set pasangan nilai-nama dari konstanta dan variabel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar